Rabu, 26 Desember 2012

Kebiasaan Kurang Baik

Kuku

S
ebagian orang terkadang memiliki kebiasaan-kebiasaan aneh pada saat kecil yang bahkan terbawa sampai dengan sudah besar. Apakah itu kebiasaan mengemut jempol jarinya ataupun menggigit kuku-kuku jari tangannya, ya mungkin buat sebagian orang itu hak yang agak jorok dan kebiasaan yang kurang sehat, karena jari-jari kita sendiri memiliki miliaran kuman apalagi setelah kita memegang benda yang bernama "uang", uang memiliki miliaran kuman/bakteri yang menempel pada uang.
Begitupun yang terjadi pada saya, sejak masih kecil sampai masih besar saya memiliki kebiasaan menguliti kuku-kuku jari saya menggunakan jari-jari lainnya, bahkan terkadang menggigit-gigitnya bahkan sampai saya merasakan sakit sendiri. Memang hal ini merupakan kebiasaan kurang baik saya, namun hal tersebut sulit dihilangkan begitupun teman saya. Saya memiliki teman yang hampir sama memiliki kebiasaan tersebut. Biasanya saya melakukan kebiasaan tersebut jika saya sedang menunggu sesuatu ataupun pada saat saya merasakan grogi. Namun ada sedikit cara agar kebiasaan tersebut dapat dikurangi diantaranya:




1. Mencari pengobatan
Jika kebiasaan menggigit kuku cukup ekstrem maka dapat menyebabkan jari berdarah, kehilangan kuku atau kuku mengalami kerusakan permanen. Jika hal tersebut terjadi, maka sudah saatnya untuk mencari bantuan. Kebiasaan menggigit kuku (onychophagia) sebenarnya adalah bagian dari sekelompok perilaku yang termasuk dalam diagnosa gangguan obsesif kompulsif (OCD).

2. Mencari penyebab mengapa memiliki kebiasaan menggigit kuku
Mungkin awalnya mulai menggigit-gigit kuku satu hari dan terus melakukannya sampai menjadi kebiasaan. Namun bagi sebagian orang, ada alasan yang sangat spesifik untuk melakukannya, seperti kebosanan, ketakutan, stres atau kecemasan.

3. Mengalihkan perhatian
Setelah menyadari memiliki kebiasaan menggigit kuku, maka bisa mencoba mengarahkan energi ke dalam tindakan yang berbeda. Bagi sebagian orang, dapat dengan menyibukkan tangan dengan kegiatan.

4. Mengoleskan krim atau bahan lain pada kuku
Krim, minyak atau poles kuku khusus dirancang untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Karena kebiasaan tersebut biasanya dilakukan tanpa sadar dan dapat berhenti ketika mendapati ada rasa atau aroma yang tidak enak dari kuku.

5. Menjaga kuku tetap rapi
Salah satu solusi bagi orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku adalah untuk menjaga kuku tetap rapi. Manicure kit biasanya berisi alat-alat seperti gunting kuku, file, gunting kecil dan pendorong kutikula. Cobalah untuk melakukan manikur seminggu sekali. Mulailah dengan memotong kuku jika perlu, dan kemudian menghaluskan ujung-ujungnya.

6. Memasukkan tangan ke dalam saku
Salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku dapat dengan memasukkan tangan ke dalam saku.

7. Relaksasi
Bagi sebagian orang, menggigit kuku dapat menenangkan dalam menghadapi stres atau khawatir. Maka teknik relaksasi atau pengurangan stres dapat digunakan untuk mengatasi dorongan untuk menggigit-gigit kuku. Terapi ini bisa sangat efektif dalam mengurangi stres dan kecemasan, yang mungkin menjadi akar masalah dari kebiasaan menggigit-gigit kuku.

8. Mencari dukungan orang disekitar
Mencari dukungan dari orang-orang sekitr dapat membantu mengehentikan kebiasaan menggigit-gigit kuku. Alasan lain untuk mencari teman atau kelompok untuk mendukung menghentikan kebiasaan menggigit kuku adalah bahwa ada kemungkinan dalam kesamaan dalam penyebab kebiasaan tersebut.

9. Melakukan kebiasaan baru
Melakukan kebiasaan baru dapat membantu menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Tentunya kebiasaan baru yang dipih adalah kebiasaan yang baik, misalnya bersenandung, mengunyah permen karet, atau makan.

10. Memakai kuku palsu
Kuku palsu tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga dapat digunakan untuk mencegah kebiasaan menggigit kuku.

2 komentar:

  1. weleh weleh .. ttg kuku kuku jari yah...
    tak kirain ttg hal hal kurang baik

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan bijak :)