Jumat, 07 Desember 2012

Billiard Jari

Masa Kecil
Jadi teringat masa-masa kecil tepatnya pada zaman sekolah dasar sering sekali memainkan permainan yang cukup "mahal" ini, ya bermain billiard dengan menggunakan jari permainan yang biasanya menggunakan bola berbahan beling atau kaca yang sering dimainkan pada saat masih kecil. Permainan yang cara dimainkannya hanya dengan menggunakan jari tangan dan biasanya menggunakan jari telunjuk ataupun jari tengah untuk membuat bola yang terbuat dari kaca tersebut meloncat dan harus mengenai bola kaca lainnya.

Ya, itulah yang dinamakan kelereng, kelereng biasa dimainkan oleh anak seumuran 5 sampai dengan 10 tahun, namun tidak sedikit juga orang-orang yang sudah dewasa banyak yang memainkan permainan ini apakah itu karena mengikuti lomba ataupun hanya sekedar ingin mengenang masa-masa kecil. Apakah kalian juga pernah mengalami dan mencoba permainan ini pada saat kecil? Saya rasa iya :), sangat disayangkan bila pada masa-masa kecil belum pernah mengalami yang namanya bermain billiard jari ini. Karena jika mengenang pada saat masa kecil betapa senangnya memainkan permainan billiard jari ini bersama teman walaupun sering kalah.

KelerengKita sebut saja kelereng agar lebih awam, ada berbagai jenis kelereng mulai dari ukuran dan warna. Dari ukuran dibedakan 3 jenis yaitu ukuran kecil, sedang dan besar. Pada umumnya kelereng dengan ukuran sedanglah yang sering dimainkan. Selain itu ada berbagai warna-warna yang unik dan dari nama-namanya pun unik dan aneh mulai dari kelereng susu biasanya berwarna putih diselingi warna-warna merah, hijau ataupun biru lalu kelereng cupang karena warnanya yang seperti ikan cupang dan banyak lagi yang lainnya. Dari keseluruhan, kelereng yang paling saya sukai adalah kelereng yang berwarna transparan seperti kelereng cupang dan kelereng transparan yaitu kelereng yang tidak mempunyai pola namun memiliki warna yang indah dan transparan. Sampai dengan sekarang pun permainan ini tetap dimainkan oleh anak-anak terutama anak yang sekolah dasar, karena permainan ini tidak kalah mengasikan dibandingkan dengan permainan-permainan pada saat ini. Keinginan saya permainan-permainan seperti ini tidak punah, karena biar bagaimanapun juga permainan ini adalah salah satu permainan yang sudah sangat merakyat dan dapat dijadikan kenangan pada saat nanti.





Pictures Taken From Deviant Art

21 komentar:

  1. Balasan
    1. haha ga tau. oh di sana namanya guyer to =D

      Hapus
    2. Di daerah Saya namanya dir-diran.

      Hapus
  2. T,T dlo ane sering koleksi jarang maen wkwkwk
    koleksi yg bagus bagus
    tpi koq namanya billiard jari ?? di daerah ane namanya kelereng

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kelreng, kan di plesetin mas :D

      Hapus
  3. kalau didaerah saya namanya SETINAN mas. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin aneh2 aja tiap tempat namanya. :D

      Hapus
  4. Kalau di daerah ane namanya nekeran.... :D Oya bang gimana caranya bikin foto kayak gitu itu? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh kan beda lagi namanya :D
      di google juga banyak.

      Hapus
  5. ini namanya kendeker.. :D

    *jaman saya SD nih.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang banyk sekali sebutannnya untuk kelereng.. hahahahaha

      Hapus
  6. Kalau didaerah gua Gundu... hahaha

    BalasHapus
  7. keleker mah di daerah saya ini masbro :D
    ada juga yang nyebut kelereng, tapi kalau di post ini disebut billiard jari :D

    Jadi ingat masa dulu T_T ngumpulin kelereng sampe satu jerigen minyak tanah

    BalasHapus
  8. haha billyard jari... saking penaran sy lihat dah nih post... ternyate kelereng

    BalasHapus
  9. sejak lihat judul postnya, sy sudah duga pasti billiard jari itu kelereng :D

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan bijak :)